Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email

Pengertian Dan Manfaat Cempedak

Selasa, 17 Februari 2015

Pengertian Dan Manfaat Cempedak

Pengertian Cempedak Secara Umum

Cempedak (Artocarpus Chempeden)
Kita mungkin sering mendengar Cempedak atau melihat cempedak bentuk buah, rasa dan keharumannya seperti nangka, meski aromanya kerap kali menusuk kuat mirip buah durian.
Cempedak adalah salah satu jenis tanamanyang banyak ditanam di daerah
tropis. Cempedak cukup terkenal di Indonesia bahkan di dunia dan daerah pedesaan.
Tanaman ini berasal dari India bagian selatan yang kemudian menyebarke daerah tropis lainnya termasuk Indonesia. Biji cempedak berbentuk bulat lonjong,agak gepeng,berukuran 2 –4 cm yang tertutup oleh kulit biji yang tipis coklat seperti kulit. Biji cempedak memiliki kandungan gizi seperti protein, lemak,karbohidrat,fosfor, kalium, besi, vitamin C, vitamin B1(Sumeru, 2006)
http://polaberita.blogspot.com/2015/02/pengertian-dan-manfaat-cempedak.html
Tanaman Cempedak


Jenis Tanaman Cempedak

Ternyata Cempedak memiliki Jenis atau Varietas antara lain :
Varietas Tanaman Cempedak
Varietas cempedak yang sudah umum dikenal masyarakat adalah:
1.Cempedak biasa,buahnya lonjong silindris, panjangnya 20-35 cm dan lebar 10-15cm, berat 3-4 kg,berwarna kuning gading atau cokelat tanah, dan aromanya wangi sekali.
2.Cempedak Malaysia,ukuran buahnya dua kali ukuran cempedak biasa,biji relatif bulat dan ukurannya dua kali lebih besar dari pada biji cempedak biasa.

Manfaat Cempedak

Manfaat buah dan pohon cempedak antara lain :
1.Daging buah biasanya dimakan dalam keadaan segar. Namun, ada pula yang menggorengnya seperti pisang atau mengolahnya menjadi kolak dengan menambahkan santan dan gula.
2.Kulit cempedak juga sering dikonsumsi oleh masyarakat Banjar, Kalimantan Selatan, yang dikenal dengan nama mandai.Kulit kayunya yang berserat dapat digunakan sebagai bahan tali, dan getahnya untuk memukat burung.Kulit batangnya dapat digunakan sebagai anttumor dan anti malaria.
3.Daun muda cempedak juga banyak digunakan sebagai sayuran. Biji buahnya enak disantap setelah diolah, digoreng, atau direbus seperti biji nangka.
4.Akarnya bisa digunakan sebagai campuran jamu tradisional untuk ibu-ibu yangbaru melahirkan.
5.Cempedak membantu menyehatkan mata,membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan dan menekan angka kolesterol dalam darah.
6.Kayunya berkualitas baik, kuat dan awet, sehingga kerap digunakan sebagai kayu bangunan, bahan perabotan rumah, atau bahan perahu. Dari kayunya juga dapat dihasilkan bahan pewarna kuning. 

Nah sekarang kita tahu untuk tanaman Cempedak dari pengertian cempedak dan manfaat cempedak.
Demikian sedikit artikel Pengertian Dan Manfaat Cempedak ,semoga bermanfaat.
Terima kasih


1 komentar:

 
Copyright © -2012 Kumpulan Berita Anda All Rights Reserved | Template Design by Dunia Perpustakaan | ASIA BUILDING