Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email

Pengertian Dan Manfaat Kentang

Selasa, 10 Februari 2015

Pengertian Dan Manfaat Kentang

Pengertian Kentang Secara Umum
Kentang yang kita tahu adalah makanan sumber karbohidrat yang sering di konsumsi masyarakat Indonesia. Sering kita jumpai di daerah yang bercuca sejuk, pegunungan. Jika di Jakarta sering kita temukan sebagai bahan campuran sayuran, atau camilan lainnya.

Kentang merupakan salah satu tanaman hortikultura yang umbi yang dikonsumsi; dalam masyarakat yang dikenal sebagai umbi sayur. Karbohidrat mengandung kentang yang disebabkan bisa subtitute (ganti) lainnya makanan karbohidrat berasal dari padi, jagung, dan gandum. Kentang termasuk dalam lima dunia makanan utama, di samping gandum, jagung, beras, dan tepung terigu. Bagian utama kentang yang menjadi bahan makanan adalah umbi. Selain itu, umbi kentang merupakan sumber karbohidrat dengan vitamin mineral yang tinggi. Meskipun kentang itu bukan makanan utama, tapi konsumen meningkat. Hal ini ditunjukkan dengan perkembangan industri pengolahan pertanian yang diproses kentang, yang membuat permintaan kentang juga meningkat. Namun dalam beberapa waktu terakhir, kondisi alam tidak ramah yang disebabkan oleh pemanasan global, iklim yang tidak menentu telah dilakukan petani kentang di kawasan Tengger Gunung, terutama di desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Probolinggo tinggal. Sehingga ada begitu banyak petani mengalami penurunan nilai produksi mereka disebabkan oleh iklim yang tidak menentu.

http://polaberita.blogspot.com/2015/02/pengertian-dan-manfaat-kentang.html

Pengertian Kentang Menurut Ahli

Tanaman kentang atau dalam istilah ilmiah Solanum tuberosum L. merupakan tanaman sayuran yang dikonsumsi ubinya. Kentang berada pada peringkat ke tiga tanaman yang dikonsumsi masyarakat dunia setelah beras dan gandum (International Potato Center, 2013). Direktorat Teknologi Pengolahan Hasil Hortikultura (2004), Kentang mempunyai karbohidrat dan kadar air yang cukup tinggi, sumber vitamin C, dan B1, serta beberapa mineral seperti fosfor, kalium, dan zat besi. Kentang mengandung karbohidrat yang tinggi dibandingkan jagung, beras, dan gandum, sehingga kentang memiliki prospek untuk dikembangkan sebagai pangan alternatif dimana sebelumnya kentang hanya digunakan sebagai pelengkap sayur atau lauk pauk. Jumlah penduduk yang terus bertambah dan program diversifikasi pangan membuat konsumsi kentang terus meningkat baik sebagai makanan pokok, sayuran maupun bahan baku olahan industri makanan.

Pengertian Dan Manfaat Kentang

Manfaat Kentang

1. Manfaat Kentang Untuk Menambah Berat Badan
Kentang kaya akan karbohidrat dan protein yang sedikit. Hal ini membuat diet yang ideal bagi mereka yang kurus dan ingin menambah berat badan. Vitamin yang terkandung dalam kentang seperti vitamin C dan B kompleks juga penting untuk penyerapan yang tepat dari karbohidrat ini.

2. Manfaat Kentang Untuk Memperlancar Sistem Pencernaan
Karena kentang kaya karbohidrat, sehingga mudah untuk dicerna dan memperlancar pencernaan. Hal ini membuat diet yang baik bagi pasien, bayi dan mereka yang sulit untuk mencerna makanan tetapi membutuhkan energi.

3. Manfaat Kentang Untuk Untuk Perawatan Kulit
Vitamin-C, B-kompleks dan mineral seperti kalium, fosfor magnesium, dan seng adalah sumber yang baik untuk perawatan kulit. Pulp yang diperoleh dari kentang mentah, dicampur dengan madu, juga dapat diterapkan sebagai tapal/pasta untuk membersihkan keriput dan noda kulit lainnya akibat penuaan.

4. Manfaat Kentang Untuk Meningkatkan Fungsi Otak
Fungsi otak yang tepat sangat tergantung pada pasokan oksigen, kadar glukosa, magnesium, beberapa vitamin B kompleks dan beberapa hormon, seperti asam amino dan asam lemak seperti omega-3 asam lemak. Kentang memenuhi hampir semua kebutuhan yang disebutkan di atas. Selain itu, mengandung zat tertentu lainnya seperti zinc dan phosphorus yang baik untuk otak juga.

5. Manfaat Kentang Untuk Anti Peradangan
Gizi yang terkandung dalam kentang seperti vitamin C, vitamin B dan potasium adalah sumber yang baik untuk meredakan peradangan, baik internal maupun eksternal seperti radang usus dan sistem pencernaan. Karena itu lembut dan mudah dicerna kemudian membuat kentang sebagai diet yang baik bagi mereka yang memiliki luka di mulut.

6. Manfaat Kentang Untuk Mengurangi Reumatik
Beberapa nutrisi seperti vitamin, kalsium dan magnesium dalam kentang dapat membantu mengurangi rematik.

Demikian sedikit artikel Pengertian Dan Manfaat Kentang yang mampu kami rangkum.
semoga ulasan kentang ini dapat bermanfaat.
Terima kasih.

3 komentar:

  1. Kentang makanan yang enak. Info kentangnya bermanfaat. Terima kasih

    BalasHapus
  2. Buat para pemain poker sekarang ada games baru loh di situs web kita yukk hanya di JAGODOMINO,,,mari silahkan dicoba dan daftar kan diri anda sekarang juga permainan yang menarik dan memiliki sensasi tersendiri
    permainan terfavorite diseluruh dunia tentu semuanya pada uda tau donk gak ada salahnya dicoba lohhh
    untuk pendaftaran bisa dibantu oleh CS kami yang ramah dan yang berpengalaman.

    Info lebih lanjut silahkan hubungi CS 24/7 melalui :
    * LIVECHAT Jago188(dot)net
    * PIN BBM : 2AF6F43D
    * WA : +855717086677
    * LINE : Jagodomino

    Salam Sukses Jagodomino

    BalasHapus
  3. blognya sangat bermanfaat kak makasih yah

    alfamartku login

    BalasHapus

 
Copyright © -2012 Kumpulan Berita Anda All Rights Reserved | Template Design by Dunia Perpustakaan | ASIA BUILDING