Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email

5 manfaat pakan jagung untuk merpati

Kamis, 14 September 2017

 5 manfaat pakan jagung untuk merpati

5 manfaat pakan jagung untuk merpati - Jagung termasuk dalam kelompok makanan pokok untuk burung merpati karena bisa diberikan setiap hari atau makanan harian. Manfaat jagung untuk merpati sangat banyak, hal ini karena kandungan karbohidrat komplek yang dimiliki jagung sangat baik bagi merpati pejantan maupun betina.
Ada beberapa jenis jagung yang dikembangkan di Indonesia, hal tersebut dikarenakan tingkat kebutuhan akan jenis jagung juga berbeda sesuai dengan fungsi atau kegunaannya. Jagung berwarna kuning memiliki kandungan karoten yang cukup tinggi yang digunakan sebagai sumber provitamin A.
Hasil gambar untuk jagung merpati
Sedangkan jagung yang sering digunakan untuk pakan ternak merpati adalah jagung madura, jagung madura memiliki ukuran yang lebih kecil, pemilihan jenis jagung madura sebagai pilihan pakan merpati karena dari segi ukuran lebih mudah untuk ditelan oleh burung, namun ada juga para peternak yang menggunakan jagung biasa yang telah digiling kecil sebagai bahan campuran pakan / ransum ternak yang dikombinasikan dengan jenis pakan lainnya.

Dalam sebuah penelitian, jagung diketahui meiliki berbagai zat penting yang bermanfaat bagi tubuh mahluk hidup yang mengkonsusmsinya, jagung mengandung karbohidrat, protein, lemak, serat dan energi, selebihnya terdiri dari vitamin dan elektrolit.

Berikut 5 manfaat pakan jagung untuk merpati:


1.    Meningkatkan Kesehatan Organ Pencernaan
Serat yang terkandung dalam jagung cukup tinggi dan serat tersebut dapat membantu proses pencernaan makanan agar lebih lancar. Berbagai masalah pencernaan seperti susah berak akan berkurang.

2.    Memperkokoh Tulang
Jagung mengandung nutrisi antara lain magnesium, besi, tembaga, dan fosfor. Berbagai nutrisi tersebut dapat menutrisi tulang untuk lebih kuat dan kokoh. Bagi merpati balab jantan  jelas ini sangat di perlukan mengingat merpati  yang ideal harus mempunyai tulang yang kokoh.

3.    Meningkatkan Energi
Jagung merupakan salah satu pakan merpati yang mengandung karbohidrat dalam jumlah yang cukup banyak. Jagung cocok untuk merpati balap karena mereka membutuhkan asupan karbohidrat yang banyak untuk mengoptimalkan kinerja latihan maupun saat lomba. Selain itu, jagung mengandung karbohidrat kompleks yang dicerna secara lambat, sehingga memberikan tingkat energi yang seimbang. Dianjurkan pemberian jagung beberapa jam sebelum latiahan atau lomba untuk mencukupi kebutuhan energi.

4.    Menambah Berat Badan
Jagung juga cocok bagi merpati yang ingin ditambah berat badannya. Untuk menambah berat badan perlu meningkatkan asupan kalori. Jagung kaya akan kalori dan karbohidrat yang membantu meningkatkan berat badan.

5.    Untuk Kesehatan Bulu
Minyak jagung memberikan kombinasi besar asam lemak dan nutrisi seperti vitamin E. Dengan demikian, minyak jagung dapat membantu untuk menjaga folikel bulu merpati tetap terhidrasi, bergizi baik, dan mencegah penuaan bulu dini. Antioksidan mencegah kerusakan sel dengan mengatasi radikal bebas. Oleh karena itu, minyak jagung efektif dalam mengatasi bulu rontok karena radikal bebas. Jagung mengandung vitamin K yang membantu dalam penyerapan kalsium, sehingga mencegah bulu merpati rontok.

5 manfaat pakan jagung untuk merpati 

5 manfaat pakan jagung untuk merpati - Pemberian biji jagung untuk merpati bermanfaat menjaga bobot badan merpati tetap seimbang/proporsional, namun perlu diingat, pemberian jagung pada merpati sebaiknya juga diimbangi dengan pemberian pakan lainnya. Hal itu dilakukan untk menghindari terjadinya obesitas/kegemukan, kegemukan pada merpati dapat menyebabkan tingkat kesuburan menurun dan burung malas beraktifitas, anda dapat memberikan jenis pakan lain yang tidak menyebakan kegemukan namun dapat memberikan cukup tenaga, diantaranya kacang hijau dan juga beras merah.

Sekian, semoga bermanfaat. Salam penghobi merpati.

1 komentar:

 
Copyright © -2012 Kumpulan Berita Anda All Rights Reserved | Template Design by Dunia Perpustakaan | ASIA BUILDING