Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email

Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan

Rabu, 05 November 2014

Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan

Kali ini admin akan membahas dari daun sirsak,sirsak , buah sirsak untuk lebih tepatnya Manfaat Daun Sirsak. Namun sebelum itu mari kita mengenal apa yang dimaksud daun sirsak tersebut.

http://polaberita.blogspot.com/2014/11/manfaat-daun-sirsak-untuk-kesehatan.html

Pengertian Daun Sirsak

Sejarah Daun Sirsak atau nangka belanda, atau durian belanda (Annona muricata L.) adalah tumbuhan berguna yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Di berbagai daerah Indonesia dikenal sebagai nangka sebrang, nangka landa (Jawa), nangka walanda, sirsak (Sunda), nangka buris, nangkelan (Madura), srikaya jawa (Bali), boh lôna (Aceh), durio ulondro (Nias), durian betawi (Minangkabau), serta jambu landa (di Lampung, "Nangko Belando" (Palembnag). Penyebutan "belanda" dan variasinya menunjukkan bahwa sirsak (dari bahasa Belanda: zuurzak, berarti "kantung asam") didatangkan oleh pemerintah kolonial Hindia-Belanda ke Nusantara, yaitu pada abad ke-19, meskipun bukan berasal dari Eropa.

Tanaman ini ditanam secara komersial untuk diambil daging buahnya. Tumbuhan ini dapat tumbuh di sembarang tempat, paling baik ditanam di daerah yang cukup berair. Nama sirsak sendiei berasal dari bahasa Belanda Zuurzak yang berarti kantung yang asam.

Tanaman ini ditanam secara komersial atau sambilan untuk diambil buahnya. Pohon sirsak bisa mencapai tinggi 9 meter. Di Indonesia sirsak dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 1000 m dari permukaan laut.

Buah sirsak bukan buah sejati, yang ukurannya cukup besar hingga 20-30cm dengan berat mencapai 2,5 kg. Yang dinamakan "buah" sebenarnya adalah kumpulan buah-buah (buah agregat) dengan biji tunggal yang saling berhimpitan dan kehilangan batas antar buah. Daging buah sirsak berwarna putih dan memiliki biji berwarna hitam. Buah ini sering digunakan untuk bahan baku jus minuman serta es krim. Buah sirsak mengandung banyak karbohidrat, terutama fruktosa. Kandungan gizi lainnya adalah vitamin C, vitamin B1 dan vitamin B2 yang cukup banyak. Bijinya beracun, dan dapat digunakan sebagai insektisida alami, sebagaimana biji srikaya.


http://polaberita.blogspot.com/2014/11/manfaat-daun-sirsak-untuk-kesehatan.html

Buah sirsak memang menawarkan berbagai kandungan positif bagi kesehatan manusia, mulai dari buahnya, daunnya, bahkan pohonnya. Telah banyak diketahui bahwa buah sirsak banyak mengandung vitamin C, kandungan serat dan nutrisi penting lainnya banyak terkandung dalam buah yang banyak ditemui di negara Tropis ini. Indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai pohon sirsak yang banyak. Tapi ternyata pemanfaatannya hanya sebatas pada buahnya saja, ini karena kurangnya pengetahuan tetang manfaat daun sirsak.


Manfaat Daun Sirsak Secara Herbal

Daun sirsak ternyata mengandung banyak manfaat untuk bahan pengobatan herbal, dan untuk menjaga kondisi tubuh. Dibalik manfaatnya tersebut ternyata tak lepas dari kandungannya yang banyak mengandung acetogenins, annocatacin, annocatalin, annohexocin, annonacin, annomuricin, anomurine, anonol, caclourine, gentisic acid, gigantetronin, linoleic acid, muricapentocin. Kandungan senyawa ini merupakan senyawa yang banyak sekali manfaatnya bagi tubuh, bisa sebagai obat penyakit atau untuk meningkatkan kekebalan tubuh. (wikipedia) 

http://polaberita.blogspot.com/2014/11/manfaat-daun-sirsak-untuk-kesehatan.html 

Mari kila lanjut untuk Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan

Fungsi Daun Sirsak Secara Ilmiah

 Fungsi utama dari daun sirsak yaitu membunuh sel-sel kanker pankreas, paru-paru, ginjal, pankreas, payudara, prostat, dan usus besar, leukemia, sedangkan kegunaan lainnya adalah:
* Mengeliminasi radikal bebas, mengeringkan sel kanker, menyembuhkan peradangan dalam tubuh, dan terutama meningkatkan stamina pasien agar tubuh tidak lemah
.* Menyembuhkan peradangan, misalnya radang tenggorokan, usus, pencernaan, ambeien, dan diabetes
.*Mencegah dan menyembuhkan asam urat
*Menyembuhkan penyakit kadar kolesterol jahat yang tinggi.
*Bagi pria, daun sirsak menambah jumlah dan memperkuat sperma.
*Meningkatkan kekebalan tubuh.

Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan

  1.  Mencegah Kanker : Untuk menyembuhkan kanker ambilah 10 lembar daun sirsak yang telah tua serta dalam situasi yang baik. lantas bersihkan sampai bersih dengan air. lantas rebus dengan tiga gelas air, serta biarlah mendidih sampai cuma tersisi satu gelas. biarlah air rebusan dingin serta minum 2 x 1 hari sepanjang 1 minggu. apabila memliki dampak yang baik, maka anda bisa teruskan meminum air rebusan tersebut.
   2.  Menyembuhkan Asam Urat : Daun sirsak juga bisa dipakai sebagai obat asam urat. banyak penyembuhan alternatif yang menggunakan daun sirsak untuk penyembuhan asam urat.
langkahnya amat gampang yakni dengan daun sirsak yang telah cukup tua namun tetap hijau, kurang lebih 6 sampai 10 lembar lantas bersihkan samapai bersih. setelah itu daun sirsak dipotong-potong dengan tujuan meyakinkan kandungan sari pada daun benar benar keluar. rebus daun tersebut dengan dua gelas air, biarlah mendidih sampai air tersisa satu gelas. minum ramuan tersebut 1 hari 2 x yakni pagi serta malam hari.
     3. Menyembuhkan Diare Pada Bayi : Siapkan buah sirsak yang telah masak, lantas peras serta disaring untuk di ambil airnya. minumkan pada bayi yang diare sejumlah 2-3 sendok makan.
     4. Menyembuhkan Eksim Serta Rematik : Tumbuk daun sirsak sampai halus serta tempelkan dibagian tubuh yang dirasa ngilu atau sakit dikarenakan rematik atau eksim dengan teratur hari 2 x.

Demikian sedikit artikel atau makalah untuk Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan , jadi bukan hanya buah sirsak ternyata daun sirsak juga bermanfaat. Semoga sedikit pembahasan daun sirsak ini dapat bermanfaat.
Terima kasih.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © -2012 Kumpulan Berita Anda All Rights Reserved | Template Design by Dunia Perpustakaan | ASIA BUILDING